Selamat Datang Di Kota Batik Pekalongan.Portal Penulis Pekalongan Dan Sekitarnya.Sahabat Media Juga Dapat Mengirimkan Informasi Sekitar Pekalongan Melalui Email : dhimashr@gmail.com Atau Sms Online Di 0815 480 92192***###########***Swanten Qustique Lagi Nyari Singer Cewe Yang Suka Banget Ma Lagu2nya Nicky Astrea. Yang Merasa Punya Hoby Nge Rock Dengan Bit Bit Slow Silahkan Persiapkan Mental Buat Gabung Bareng Kita Yaaak. Wilayah Comal Bojong Sragi Diutamakan Untuk Mempermudah Jarak Tempuh.SMS Dulu Juga Boleh......

Tuesday 5 November 2013

Berita Hari Ini » Megono_Budaya Apa Maksudnya

Megono_Budaya Apa Maksudnya

0 comments
Tentang Budaya 
 "Budaya Apa Maksudnya??"
Oleh : Dhimas HR


Banyak Kalangan Cendekia Yang Berdiskusi Tentang Budaya. Banyak Seminar Seminar Digelar Dengan Mengusung Topik Budaya. Baik Yang Bersifat Berbayar Maupun Yang Free. Baik Yang Diselenggarakan Di Hotel Hotel Atau Bahkan Hanya Lesehan Disaung Rumah Makan. Dengan Menghadirkan Pula Tokoh Tokoh Budaya Yang Kapasitasnya Tidak Perlu Diragukan Lagi. Pertanyaannya Sekarang Adalah Bagaimana Dengan Implementasi Secara Faktualnya. Apakah Benar Benar Direalisasikan??

Saya Akan Coba Berbicara Dari Sudutpandang Yang Mungkin Berbeda. Secara Prinsip Menurut Saya Bagus Sekali Jika Sering Digelar Acara Bedah Budaya Dan Semacamnya Demi Menumbuhkembangkan Iklim Cinta Budaya Negeri Sendiri. Khususnya Bagi Generasi Remaja Jaman Sekarang. Penting Bagi Mereka Diperkenalkan Dengan Nilai Nilai Budaya Indonesia Yang Didalamnya Terdapat Kearifan Kearifan Lokal Yang Mungkin Sama Sekali Belum Mereka Kenali.

Seringkali Saya Mendengar Pembahasan Mengenai Hal Budaya. Seolah Olah Mereka Mengenal Betul Perihal Budaya Yang Dibicarakan. Seakan Akan Benar Benar Telah Mempunyai Kontribusi Yang Besar Terhadap Budaya Baik Di Instansi Maupun Di Komunitas Insan Seni Tetapi Sampai Hari Ini Saya Kok Belum Pernah Menjumpai Seniman Ataupun Insan Yang Benar Benar Memahami Arti Budaya Itu Sendiri. Ironisnya Kebanyakan Diantara Mereka Hanya Pandai Berteori Belaka Yang Kadang Secara Teoripun Sebenarnya Tidak Tepat Dan Tidak Pada Konteks Yang Benar. Lalu Apa Yang Dimaksud Dengan Budaya Sesungguhnya? Seharusnya Tidak Sekadar Teori Belaka Semestinya Bukan Sebatas Pengetahuan Dan Disiplin Ilmu Saja Tetapi Penerapan Didalah Hati Setiap Insan Seni (Minimalnya) Harus Ada.

Semua Pembahasannya Tentang Budaya Hanya Sebatas Kalimat Kalimat Manis Belaka. Tidak Diimbangi Dengan Perilaku Nyata Mengangkat Budaya Dan Melibatkan Insan Seni Secara Langsung. Bukan Hanya Itu. Hampir Semua Yang Memiliki Tujuan Didalam Pemerintahan (Caleg) Juga Membicarakan Hal Yang Sama. Jika Sudah Berdiskusi Tentang Budaya Seolah Olah Sudah Memiliki Program Jangka Panjang Yang Luar Biasa Tetapi Lagi Lagi Itu Semua Hanya Sebatas Diskusi Semu Tanpa Fakta.

Pernah Beberapa Tahun Silam Saya Mencoba Mengajukan Proposal Dan Mempresentasikan Program Yang Ada Didalam Proposal Kepada Salahsatu Caleg Dengan Maksud Bisa Bekerjasama Tetapi Ironi Sekali Manakala Proposal Dan Program Budaya Yang Saya Ajukan Dihargai Sebatas Sumbangan. Seolah Olah Kami Meminta Sumbangan Untuk Sanggar. Saya Masih Ingat Sekali Berapa Nominal Yang Ada Didalam Amplop Tersebut. Empatpuluh Ribu Rupiah. Bayangkan Saja, Seorang Calon Stakeholder Yang Katanya Nanti Akan Mewakili Kami Sebagai Rakyat Hanya Sebatas Itu Cara Menghargai Seniman.

Belum Lama Ini Lagi Lagi Hal Serupa Juga Terjadi. Sebenarnya Kami Hanya Memanfaatkan Peluang Yang Ada. Lagi Lagi Calon Legislatif Dengan Manisnya Mengajak Berdiskusi Tentang Budaya. Dan Sekali Lagi Juga Saya Mengajukan Program Budaya Khususnya Keroncong. Ujung Ujungnya Juga Sama Teori Dan Diskusi Semu Tanpa Fakta. Tentunya Ini Menjadi Sebuah Pemikiran Panjang Bagi Saya Tentang Bagaimana Pemahaman Budaya Yang Sesungguhnya. Bagaimana Tidak ?

Artinya, Pemahaman Beliau Beliau Tentang Budaya Sebatas Apa Yang Bisa Dibarterkan Saja Jika Tidak Bisa Tentunya Tidak Akan Pernah Diwujudkan. Budaya Dan Program Program Budaya Akan Dilaksanakan Jika Bisa Menghasilkan Sesuatu.

Sederhananya Begini. Beliau Beliau Tentunya Sudah Kampiun Jika Berdiskusi Tentang Budaya. Misalnya Saja Dengan Topik Penguatan Budaya Lokal, Kebangkitan Budaya, Budaya Menjadi Fundamental Bangsa, Budaya Untuk Generasi Muda Dan Sebangsanya. Tetapi Makna Hakiki Budaya Itu Sendiri Tidak Seiring Sejalan Dengan Apa Yang Seringkali Didiskusikan. Apalagi Jika Sudah Berbicara Tentang Pendanaan Sudah Barang Tentu Topik Menjadi Kian Panjang Tanpa Tepi. Intinya Susah. Lalu Budaya Apa Yang Sedang Anda Bicarakan ??

0 comments:

Pasang Iklan Gratis